Diwarnai 2 Penalti, Real Madrid Tumbang di Markas Villarreal

Real Madrid harus memetik pil pahit dalam lanjutan pertandingan LaLiga Spanyol 2022/2023. Bertanding di Estadio de la Ceramica pada Sabtu, 7 Januari 2023 malam WIB, El Real harus mengakui keunggulan tuan rumah Villarreal dengan skor 1-2.

Duel ini diwarnai dua penalti. Masing-masing tim mendapat satu kesempatan. Sepasang gol tuan rumah dicetak oleh Yeremy Pino di menit ke-47 memanfaatkan kesalahan Ferland Mendy dan eksekusi penalti Gerard Moreno di menit ke-63. Tim tamu sempat menyamakan kedudukan melalui sepakan penalti Karim Benzema di menit ke-60.

Penampilan Los Blancos memang tidak sesuai harapan. Entah ini merupakan efek dari jeda Piala Dunia atau tidak yang pasti penampilan tim besutan Carlo Ancelotti menunjukkan banyak kekurangan.

Kekalahan ini membuat Madrid gagal mengkudeta Barcelona di puncak klasemen sementara. Madrid tertahan di posisi kedua dengan 38 poin dari 16 pertandingan, kalah selisih gol dari Barcelona yang baru bermain 15 kali.

Sedangkan tambahan tiga angka membuat Villarreal kini mengemas 27 poin dari 16 pertandingan. Villarreal berada di posisi kelima dengan hanya kalah selisih gol dari Atletico Madrid di posisi keempat.

Carlo Ancelotti menyoroti sejumlah sebab kekalahan timnya. Salah satunya adalah aspek pertahanan. Mereka tidak bsia bertahan dengan baik.

“Itu adalah pertandingan sulit, kami tak bertahan dengan baik, dan membuat kesalahan pada awal pertandingan. Karena itu, kembali ke pertandingan tidak mudah,” beber Ancelotti.

Selain itu, handball yang dilakukan David Alaba di kotak terlarang menjadi pemicu terciptanya gol kemenangan tuan rumah.

“Ketika ada handball di kotak penalti, maka itu penalti. Tapi jika saya yang mengambil keputusan, saya pikir itu bukan penalti.”

Pelatih asal Italia itu memberikan alasan memasang Eder Militao di posisi bek kanan yang biasa diisi Dani Carvajal. Carvajal absen lantaran tengah dibekap cedera.

Sementara itu, Lucas Vazguez dinilai memiliki menit bermain terlalu banyak sehingga hanya diturunkan sebagai pemain pengganti di laga ini.

“Saya telah melihat Militao melakukan dengan baik bersama Brasil. Memang benar Lucas lebih terbiasa dengan itu (sebagai bek kanan), tetapi dia bermain 90 menit akhir-akhir ini, dan saya lebih suka memasukkan pemain yang lebih segar.”

Susunan pemain Villarreal versus Real Madrid:

Villarreal (4-3-3): Pepe Reina; Juan Foyth, Raul Albiol, Pau Torres, Alberto Moreno (72′ Alfonso Pedraza); Francis Coquelin (89′ Manu Trigueros), Dani Parejo, Alex Baena; Samuel Chukwueze, Gerard Moreno (89′ Arnaut Danjuma), Yeremi Pino (81′ Jose Luis Morales).

Pelatih: Quique Setien

Real Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois; Eder Militao, Antonio Rudiger, David Alaba, Ferland Mendy (64′ Rodrygo); Toni Kroos, Aurelien Tchouameni (64′ Lucas Vazquez), Luka Modric (71′ Eduardo Camavinga); Federico Valverde (83′ Marco Asensio), Karim Benzema, Vinicius Junior.

Pelatih: Carlo Ancelotti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *