Debut Manis Thuchel Bersama Chelsea

Thomas Tuchel berhasil meraih hasil positif di laga pertamanya bersama Chelsea. Suksesor Frank Lampard ini memimpin timnya saat menghadapi Burnley pada Minggu, 31 Januari 2021. Sebagai tuan rumah, Chelsea berhasil mengatasi tamunya dua gol tanpa balas.

Sepasang gol The Blues dicetak oleh Cesar Azpilicueta di penghujung babak pertama. Gol ini berawal dari umpan Callum Hudson-Odoi yang dilanjutkan dengan sepakan keras oleh pemain senior asal Spanyol itu.

Gol kedua tuan rumah baru terjadi di menit ke-83. Kali ini giliran Marco Alonso yang mencatatkan namanya di papan skor setelah mendapat umpan dari Christian Pulisic. Pemain Spanyol yang sempat ditepikan Frank Lampard itu akhirnya mengunci kemenangan Si Biru.

Kemenangan ini membuat Chelsea berhak atas tiga poin. Koleksi poin tuan rumah kini menjadi 33 dari 21 pertandingan. Chelsea kini berada di posisi ketujuh, tertinggal dua poin dari West Ham di posisi kelima. Sementara itu kekalahan ini membuat Burnley tak beranjak dari posisi ke-16 dengan tabungan total 22 poin dari 20 laga.

Thomas Tuchel angkat bicara terkait penampilan Alonso di laga ini. Menurutnya pemain tersebut cocok bermain dalam skema yang dibuatnya. Ia bisa berperan di pos sayap kiri.

“Itu adalah posisi favoritnya dan dia bermain maksimal di posisi tersebut,” beber mantan pelatih Paris Saint-Germain (PSG) itu.

Selain membantu menyerang, pria asal Jerman itu menegaskan kemampuan Alonso yang baik saat bertahan. Penguasaan bola-bola atasnya dinilai bagus.

“Alonso kuat dalam bertahan terutama untuk menyapu bol-bola atas. Pun di dalam kotak penalti, Alonso mampu menusuk sampai depan gawang dengan sundulan dan tendangan yang berbahaya,” sambungnya.

Kualitas itu ditunjukkan Alonso di laga ini. Alonso berperan untuk meredam bola-bola atas yang dikirimkan Burnley melalui eksekusi bol amati.

“Burnley berbahay dalam bola mati dan Alonso melakukan tugasnya. Saya senang dengan penampilannya,” tegasnya.

Apakah kemenangan ini membuat Chelsea bisa berharap untuk kembali ke jalur persaingan menuju tangga juara? Sebelum laga ini, Tuchel mengatakan bahwa peluang tersebut tipis.

“Klub mengatakannya dengan sangat jelas, Chelsea itu soal hasil-hasil. Kami selalu mencoba untuk menunjukkan performa, mengembangkan para pemain, meningkatkan para pemain, dan menaikkan nilai mereka seiring dengan hadirnya performa tangguh,” ungkapnya.

Susunan Pemain Chelsea versus Burnley:

Chelsea (4-3-3): Edouard Mendy; Cesar Azpilicueta, Antonio Rudiger, Thiago Silva, Marcos Alonso; Jorginho, Mateo Kovacic, Mason Mount (Kai Havertz 80′); Callum Hudson-Odoi (Reece James 73′), Tammy Abraham (Christian Pulisic 46′), Timo Werner.

Pelatih: Thomas Tuchel

Burnley (4-4-2): Nick Pope; Matthew Lowton, James Tarkowski, Ben Mee, Erik Pieters; Dwight McNeil, Ashley Westwood, Jack Cork, Robbie Brady (Joel Mumbongo 76′), Matej Vydra (Jay Rodriguez 57′), Chris Wood (Johann Gudmundsson 62′).

Pelatih: Sean Dyche

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *