Darwin Nunez Cetak Gol, Liverpool Tekuk Manchester City 3-1 di Community Shield 2022

Liverpool berhasil meraih trofi pertama musim ini. The Reds merengkuh gelar Community Shield 2022. Sebagai juara Piala FA musim lalu, Si Merah menumbangkan jawara Liga Primer Inggris musim sebelumnya, Manchester City.

Pertandingan yang digelar di kandang Leicester City di Stadion King Power pada Sabtu, 30 Juli 2022 malam WIB berakhir dengan skor 3-1.

Tiga gol Liverpool dicetak oleh tiga pemain berbeda yakni Trent Alexander-Arnold, Mohamed Salah, dan Darwin Nunez. Sementara gol tunggal The Citizen dicetak oleh pemain baru bernama Julian Alvarez di menit ke-70.

Kedua tim menurunkan formasi terbaik di laga ini. Liverpool langsung membuat gebrakan melalui tembakan akurat Alexander-Arnold di menit ke-21 yang tak bisa digagakan Ederson Moraes.

City sempat menyamakan kedudukan di babak kedua, tepatnya di menit ke-70 setelah JUlian Alvarez menuntaskan kemelut di mulut gawang Liverpool.

Liverpool yang mampu mendominasi pertandingan berhasil menjauh setelah Salah sukses mengeksekusi penalti. Penalti ini didapat usai salah satu pemain City melakukan handball di kotak terlarang.

Liverpool akhirya sukses mengunci kemenangan di penghujung laga. Tepat di menit ke-90+4, rekrutan anyar Darwin Nunez berhasil menggetarkan gawang City dengan tandukan jarak dekat memanfaatkan umpan Andre RObertson yang tak bisa digagalkan kiper City.

Pelatih City, Pep Guardiola tetap menilai positif kinerja pemain baru mereka, Erling Haaland. Haaland sebenarnya sempat mencetak gol di penghujung babak kedua. Namun gol itu dianulir wasit.

“Dia [Haaland] memiliki beberapa peluang, dua atau tiga di babak pertama dan satu di akhir. Dia berjuang keras, membuat pergerakan-pergerakan. Bagus untuk dia melihat kenyataan dari negara yang baru, liga yang baru, tapi tadi dia ada di sana.”

Pelatih asal Spanyol itu tetap optimis dengan kinerja mantan pemain Borussia Dortmund itu. Guardiola yakin Haaland akan mencetak gol di laga-laga selanjutnya.

“Dia memang tidak mencetak gol. Dia akan mencetak gol di hari lain. Dia punya kualitas yang luar biasa dalam hal itu dan dia akan melakukannya. Dia itu punya kesadaran yang luar biasa.”

Guardiola begitu yakin dengan adaptasi pemain muda tersebut. Ia percaya Haaland akan memberikan pengaruh bagi Manchester Biru.

“Saya tidak khawatir akan hal itu. Faktanya adalah suatu musim itu sangat panjang selama 11 bulan, sangat intense, pertandingan setiap tiga hari, tapi dia akan membantu kami. Saya yakin,” tutupnya.

Susunan Pemain Liverpool versus Manchester City:

Liverpool (4-3-3): Adrian; Trent Alexander-Arnold (James Milner 74), Joel Matip, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Jordan Henderson (Harvey Elliott 73), Fabinho, Thiago (Naby Keita 85); Mohamed Salah (C Jones 95), Roberto Firmino (Darwin Nunez 59 – kuning 95), Luis Diaz (Fabio Carvalho 90).

Pelatih: Jurgen Klopp.

Manchester City (4-3-3): Ederson; Kyle Walker, Ruben Dias, Nathan Ake, Joao Cancelo; Kevin De Bruyne (Ilkay Gundogan 73), Rodri, Bernardo Silva; Riyad Mahrez (Julian Alvarez 58), Erling Haaland, Jack Grealish (Phil Foden 58).

Pelatih: Josep Guardiola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *