Soccer Football - International Friendly - Brazil v Ghana - Stade Oceane, Le Havre, France - September 23, 2022 Brazil's Richarlison celebrates scoring their third goal with teammates REUTERS/Benoit Tessier

Dapat Serangan Rasial di Laga Kontra Tunisia, Begini Reaksi Richarlison

Pertandingan FIFA Matchday antara timnas Brasil kontra timnas Tunisia pada Rabu, 28 September 2022 dini hari WIB lalu, diwarnai tindakan rasisme yang menimpa Richarlison.

Striker Brasil itu dilempari beberapa barang termasuk pisang saat merayakan gol ke gawang tim asal Afrika itu.

Tindakan yang dilakukan di Parc des Princes, kandang Paris Saint-Germain (PSG) itu mendapat tanggapan luas. Richarlison yang kini merumput di Liga Primer Inggris pun tak lupa angkat bicara ke publik.

Melalui akun twitter pribadi, Richarlison menegaskan sikapnya yang menyindir tindakan terhadap para pelaku tindakan tak terpuji itu yang terkesan dibiarkan.

“Selama mereka terus bilang blah blah blah dan tak memberi hukuman, ini akan terus berlanjut, terjadi setiap hari, di mana saja. Tak ada waktu untuk ini, Bro! #noracism,” cuit Richalison.

Federasi Sepakbola Brasil [CBF] pun turut bersikap. CBF menentang tindakan tersebut dan tetap berkomitmen memerangi aksi-aksi serupa.

“Amat disayangkan pisang dilempar ke dalam lapangan mengarah ke Richarlison. CBF menegaskan posisi memerangi rasisme dan menolak semua bentuk manifestasi prasangka,” kecam CBF.

Pemain Brasil lainnya, Rodrygo juga mendesak adanya tindakan tegas bagi para pelaku. Sebab, tindakan seperti ini sudah sering menimpa para pemain, termasuk para pemain Brasil.

“Kami sudah terbiasa, timnas kami selalu dilecehkan seperti itu. Harus segera dihentikan,” tandas Rodrygo.

Sementara itu, Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) pun turut bersuara. FIFA menegaskan keberpihakannya pada para korban dan sangat menentang aksi rasisme.

“Pertama-tama. FIFA menolak keras adanya pelecehan berbau rasial dan kekerasan. Kami tidak mentolerir hal seperti itu terjadi di sepakbola,” ujar pernyataan resmi FIFA.

Tidak hanya itu, FIFA juga akan mengambil tindakan dengan melakukan penyelidikan terhadap insiden di Paris itu.

“FIFA akan menyelidiki pertandingan di Paris kemarin.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *