Chico Aura, Juara Malaysia Masters 2022 Langsung Tersingkir Lebih Awal di Singapore Open 2022

Chico Aura Dwi Wardoyo gagal mempertahankan tren positif usai menjadi juara Malaysia Masters 2022. Pemain kelahiran Jayapura, Papua ini langsung tersingkir di babak pertama pertama Singapore Open 2022.

Langkah Chico dihadang sesama pemain non-unggulan dari Kanada, Briyan Yang. Chico kalah secara mengejutkan dalam dua gim, 12-21 dan 17-21.

Pelatih tunggal putra PBSI, Irwansyah pun angkat bicara. Sang pelatih mengatakan Chico tak bisa mengeluarkan permainan terbaik. Tekanan mental usai menjadi juara justru membuatnya tak bisa bermain lepas dan mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

“Chico setelah juara di Malaysia Masters, dalam pertandingan tadi belum mampu keluar dari tekanan mental. Dia belum bisa menanggung pressure yang demikian berat setelah juara. Dampaknya, permainnya tidak lepas,” beber Irwansyah.

Lebih lanjut, sang pelatih mengatakan dirinya sudah memberikan masukan kepada Chico untuk bermain santai dan menikmati pertandingan. Namun, sang pelatih menyadari pemainnya belum bisa lepas dari tekanan setelah menjadi juara. Penampilannya terlihat begitu tegang.

“Padahal, dari awal saya minta dia bermain rileks dan enjoy. Tetapi tekanan juara itu belum mampu dia atasi. Saat pemanasan pun, dia begitu tegang,” sambung sang pelatih.

Sebelumnya sepak tejang Chico yang fenomenal pekan lalu menuai beragam pujian. Salah satunya dari Kepala bidang Pembinaan Prestasi PBSI, Rionny Mainaky.

Menurut eks Pelatih Kepala Timnas Jepang itu, gelar tersebut tidak lepas dari kesabaran, disiplin, dan perjuangan pantang menyerah Chico.

Rionny mengatakan demikian, “Itulah hasil dari atlet yang murah hati, sabar, disiplin, dan sangat rajin latihan. Dia juga patuh pada pelatih. Apa yang Chico tabur, akhirnya bisa dia tuai hasilnya. Saya harap dua bisa lebih baik di Singapore Open nanti. Figur Chico juga bisa jadi model serta panutan buat pemain muda lainnya.”

Irwansyah mengatakan kekalahan awal ini menjadikan bahan evalusai baik bagi sang pemain maupun tim pelatih. Chico harus bisa lepas dari beban mental juara.

“Inilah pelajaran penting yang didapat Chico usai juara di Malaysia Masters. Dia harus berusaha melepaskan beban mental juara secara perlahan-lahan,” tandas Irwansyah.

Jadwal Perempat Final Singapore Open 2022, Kamis (14/7/2022):

Lapangan 1

Hafiz Faizal/Serena Kani vs Tang Chun Man/Tse Ying Suet – match 1
Anthony Sinisuka Ginting vs Lin Chun-yi – match 5
Tommy Sugiarto vs Loh Kean Yew – match 8
Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Linda Efler/Isabel Lohau – match 9

Lapangan 2

Sabar K. Gutama/Moh Reza P. Isfahani vs Gon V Shem/Low Juan Shen – match 5
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Ren Xiang Yu/Tang Qiang – match 7
Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Man Wei Chong/Kai Wun Tee – match 8

Lapangan 3

Jonatan Christie vs Kodai Naraoka – match 2
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs Gon Soon Huat/Lai Shevon Jemie – match 3
Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin vs Liang Wei Keng/Wang Chang – match 9

Lapangan 4

Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi vs Pichamon P./Nannapas Sukklad – match 6
Gregoria Mariska Tunjung vs Zhang Yi Man – match 8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *