Chelsea Kembali Apes di Hadapan Manchester City, Kali Ini Takluk di Pekan ke-19 Liga Premier Inggris

Chelsea kembali memetik hasil minor saat berhadapan dengan Manchester City. Bertemu di pekan ke-19 Liga Premier Inggris pada Jumat, 6 Januari 2022 dini hari WIB, The Blues takluk satu gol tanpa balas.

Pada awal November lalu, Chelsea juga dibuat menderita oleh The Citizen. Saat itu, The Blues takluk di babak ketiga Carabao Cup atau Piala Liga Inggris.

Kekalahan kali ini di kandang sendiri di Stadion Stamford Bridge menjadi pukulan tersendiri. Chelsea harus kehilangan poin dan posisi mereka di tabel klasemen semakin melorot.

Chelsea kini menempati posisi kesepuluh dengan 25 angka. Sedangkan bagi City, tambahan tiga angka ini membuat mereka kian mendekati Arsenal di puncak klasemen. Dengan 39 angka, Manchester Biru kini berjarak lima poin di belakang The Gunners.

Gol tunggal kemenangan City dicetak oleh Riyad Mahrez di menit ke-63. Menariknya, Mahrez merupakan pemain pengganti. Kolaborasinya dengan pemain pengganti lainnya yakni Jack Grealish akhirnya berbuah manis.

Umpan silang Grealish berhasil melewati jangkauan Kepa Arrizabalaga. Memenangi persaingan dengan pemain belakang Chelsea, Mahrez sukses menuntaskannya menjadi gol.

Kekalahan Chelsea diperparah oleh cedera yang dialami Raheem Sterling, Christian Pulisic, dan Pierre-Emerick Aubameyang. Kedua pemain itu tidak bisa menuntaskan pertandingan di babak pertama.

Chelsea sungguh diterpa badai cedera. Barisan pemain utama yang absen makin panjang. Sebelumnya ada Reece James, Ben Chilwell, dan Wesley Fofana.

Pelatih Chelsea, Graham Potter sungguh menyesali kekalahan ini. Ditambah lagi sejumlah pemain utamanya dibekap cedera.

“Ketika kami kehilangan Raheem dan Christian begitu cepat, para pemain lain memberikan segalanya,” tandas Potter.

Chelsea sebenanya mampu mendominasi pertandingan di babak pertama. Namun, mereka gagal menciptakan peluang dan mencetak gol.

Secara keseluruhan, City unggul dalam penguasaan bola dengan “ball possession” 52 persen berbanding 48 persen. City memiliki tiga tembakan tepat sasaran, satu tembakan lebih banyak dari Chelsea.

“Kami harus selalu mengambil tanggung jawab tetapi berharap orang-orang melihat keseluruhan konteks dan melihat di mana kami berada dan apa yang harus kami hadapi,” tegas pelatih asal Inggris itu.

Potter kini harus membenahi timnya, terutama menemukan formasi yang tepat di tengah hantaman cedera. Mereka akan kembali bersua Manchester City di pentas Piala FA akhir pekan ini.

Apakah akan ada cerita “hat-trick” kekalahan pada akhir pekan nanti? Atau Chelsea sanggup “move on”? Kita lihat saja.

Susunan pemain Chelsea versus Manchester City:

Chelsea (4-2-3-1): Kepa Arrizabalaga; Cesar Azpilicueta (c), Kalidou Koulibaly, Thiago Silva, Marc Cucurella (Lewis Hall 68’); Denis Zakaria, Mateo Kovacic; Hakim Ziyech (Conor Gallagher 68’), Christian Pulisic (Carney Chukwuemeka 22’), Raheem Sterling (Pierre-Emerick Aubameyang 5’, Omari Hucthinson 68’); Kai Havertz.

Pelatih: Graham Potter

Manchester City (4-3-3): Ederson; Kyle Walker (Manuel Akanji 46’), John Stones, Nathan Ake, Joao Cancelo (Rico Lewis 46’); Kevin De Bruyne, Rodri (Kalvin Philips 86’), Ilkay Gundogan (c); Bernardo Silva (Riyad Mahrez 46’), Erling Haaland, Phil Foden (Jack Grealish 60’).

Pelatih: Josep Guardiola

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *