Belanda dan Spanyol Imbang di Laga Uji Coba

Belanda dan Spanyol memetik hasil seri dalam duel uji coba pada Kamis, 12 November 2020 dini hari WIB. Laga yang digelar di Johan Cruijff Arena, Amsterdam ini berakhir dengan skor 1-1.

Satu-satunya gol Spanyol dicetak oleh Sergio Canales di babak pertama. Sementara itu gol semata wayang Belanda dicetak oleh Donny van de Beek di paruh kedua.

Hasil ini tentu menjadi evaluasi sekaligus persiapan kedua tim untuk menjalani laga selanjutnya. Kedua tim akan menjalani dua laga UEFA Nations League dalam beberapa waktu ke depan. Belanda akan menghadapi Bosnia dan Polandia. Sementara itu Spanyol akan ditantang Swiss dan Jerman.

Kedua tim sebenarnya tampil baik di laga ini. Meski bertindak sebagai tim tamu, Spanyol berusaha menggebrak sejak awal pertandingan. Upaya La Furia Roja pun membuahkan hasil di menit ke-18 setelah umpan terukur Alvaro Morata berhasil diselesaikan dengan baik oleh Canales.

Tuan rumah baru bisa memberikan respon setelah turun minum. Umpan Owen Wijndal berhasil diselesaikan dengan baik oleh Van de Beek.

Di laga ini, Belanda tampil dengan kapten baru yakni Georginio Wijnaldum setelah kapten utama, Virgil van Dijk dibekap cedera.

“Memang menyedihkan Virgil van Dijk tak ada di sana. Itu kerugian besar. Anda hanya perlu melihat prestasinya dalam beberapa tahun terakhir dan kepribadian seperti apa yang ia bawa dalam grup. Tapi seperti biasa dalam laga berikutnya kami harus bangkit. Gini (Wijnaldum) adalah penghubung nyata. Anda lihat itu ketika isu rasisme menjadi topik utama. Dia kemudian mengambil peran perintis,” ungkap pelatih timnas Belanda, Frank de Boer.

Sementara itu Wijnaldum memberikan dukungan kepada rekannya tersebut. Ia mengatakan pemain Liverpool itu sedang menjalani pemulihan dan berada bersama keluarganya.

“Virgil (van Dijk) sedang mengalami petaka sekarang, saya tidak perlu menjelaskannya kepada Anda. Ini adalah hal terburuk yang dapat terjadi pada pesepak bola. Dia harus menikmati keluarganya sekarang dan dengan kehendak Tuhan dia bisa kembali.”

Sementara itu di laga ini, Van de Beek mampu menunjukkan kualitasnya, hal yang terus diperjuangkannya di klubnya saat ini, Manchester United. Pelatih timnas Belanda pun mengakui pemain tersebut merasa frustrasi.

“Tentu saja saya tidak dapat memeluknya sekarang. Saya mencoba memberinya kepercayaan sebanyak mungkin, itu yang saya lakukan, dan saya menunjukkan itu saat ia menjadi starter melawan Italia,” tandas De Boer.

Susunan Pemain Belanda versus Spanyol:

Belanda: Marco Bizot; Hans Hateboer (Denzel Dumfries 46′), Joel Veltman, Nathan Ake (Daley Blind 6′), Owen Wijndal; Georginio Wijnaldum (Davy Klaassen 46′), Donny van de Beek, Frenkie de Jong (Stefan de Vrij 46′); Steven Berghuis (Calvin Stengs 46′), Luuk de Jong, Memphis Depay (Ryan Babel 79′).

Pelatih: Frank de Boer

Spanyol: Unai Simon; Hector Bellerin, Eric Garcia, Inigo Martinez (Sergio Ramos 85′), Jose Gaya (Sergio Reguilon 29′); Marco Asensio (Adama Traore 61′), Rodrigo, Koke, Sergio Canales (Marcos Llorente 72′); Alvaro Morata (Dani Olmo 61′), Gerard Moreno (Ferran Torres 61′).

Pelatih: Luis Enrique

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *