Banyak Pemain Pelapis, Arsenal Masih Terlalu Tangguh Bagi Dundalk

Arsenal menunjukkan kedigdayaannya atas Dundalk di matchday kedua Grup B Liga Europa. Menghadapi Dundalk di Emirates Stadium pada Jumat, 30 Oktober 2020 dini hari WIB, The Gunners menang telak tiga gol tanpa balas.

Di laga ini pelatih Arsenal, Mikel Arteta melakukan sejumlah perubahan. Mantan asisten Pep Guardiola itu menurunkan sejumlah pemain pelapis. Beberapa di antaranya adalah kiper Runar Alex Runarsson, Sead Kolasinac, Joe Willock, hingga Eddie Nketiah yang mengisi starting line up.

Dua dari tiga gol Arsenal dicetak oleh pemain pelapis itu yakni Eddie Nketiah dan Joe Willock. Sementara itu satu gol lainnya dilesatkan oleh Nicolas Pepe.

“Kami membuatnya terlihat mudah karena kami sangat disiplin, menjalaninya dengan serius, dan mengontrol sejak awal. Kami melakukan banyak perubahan, memberikan kesempatan ke pemain-pemain lain dan saya rasa mereka tampil baik,” beber Arteta usai laga.

Lebih lanjut pelatih asal Spanyol itu menegaskan pihaknya memiliki skuad yang besar sehingga punya banyak alternatif. Ia menilai para pemain pelapis menunjukkan kalau mereka siap untuk mengisi starting line-up.

“Kami punya skuad yang besar dan saya sejak awal ingin memberikan kesempatan ke semua orang. Hari ini mereka menunjukkan bahwa mereka siap ketika saya butuhkan dan hari ini mereka menyulitkan saya untuk pemilihan pemain.”

Ia pun senang dengan penampilan timnya. Kemenangan ini tidak hanya soal taktik, tetapi juga kualitas para pemain.

“Terkadang ini soal kualitas, terkadang soal rencana taktik untuk pertandingan. Saya sangat senang dengan performa hari ini,” tegas Arteta.

Sementara itu gelandang baru Arsenal, Willian mengakui dirinya merasa sedikit frustrasi. Mantan pemain Chelsea ini harus bisa beradaptasi dengan strategi sang pelatih yang membuatnya tidak bisa leluasa menusuk ke kotak penalti lawan.

“Di lapangan, Anda punya kebebasan untuk bergerak. Tapi, Anda harus menghormati apa yang manajer mau dan instruksikan. Mungkin saja Anda tidak sering menyentuh bola dan menjadi frustrasi,” aku Willian.

Pemain asal Brasil pun menegaskan dirinya masih harus beradaptasi dengan berbagai perubahan itu.

“Ya, ini pengalaman baru dengan taktik baru bagi saya,” pungkasnya.

Susunan Pemain Arsenal versus Dundalk:

Arsenal (4-3-3): Runar Alex Runarsson; Ainsley Maitland-Niles, Sead Kolasinac, Shkodran Mustafi, Cedric Soares; Granit Xhaka, Mohamed Elneny, Joe Willock; Nicolas Pepe, Eddie Nketiah, Reiss Nelson.

Pelatih: Mikel Arteta

Dundalk (3-5-2): Gary Rogers; Daniel Cleary, Andrew Boyle, Brian Gartland; Cameron Dummigan, Patrick McEleney, Chris Shields, Sean Murray, John Mountney; Michael Duffy, Patrick Hoban.

Pelatih: Filippo Giovagnoli

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *