AS Roma Tekuk HJK Helsinki 3-0

AS Roma memetik hasil positif di matchday kedua fase Grup C Liga Europa 2022/2023. Menghadapi HJK Helsinki pada Jumat, 16 September 2022 dini hari WIB, Serigala Roma menang tiga gol tanpa balas.

Tiga gol Roma di Stadion Olimpico dicetak oleh Paulo Dybala di menit ke-47, Lorenzo Pellegrini di menit ke-49, dan Andrea Belotti di menit ke-68.

Roma yang sempat paceklik gol di paruh pertama diuntungkan dengan keunggulan jumlah pemain. Sejak menit ke-15, tim tamu harus bermain dengan 10 pemain setelah salah satunya mendapat kartu merah.

Bagi Roma kemenangan ini sekaligus menebus kegagalan di matchday pertama. Ini tiga poin pertama tim besutan Jose Mourinho.

Mourinho memuji penampilan timnya. Salah satu pemain yang disorot adalah Paulo Dybala. Mantan pemain Juventus itu dianggap telah memberikan pengaruh positif bagi tim tersebut.

“Pastinya Dybala mencetak gol pertama dan tim punya sikap yang berbeda. Kami menunjukkan sikap yang keliru di babak pertama, bersikap seolah-olah ini 11 lawan 11,” beber Mourinho.

“Kami terlalu pasif, sementara Paulo memecah kebuntuan dan itu mengubah keseluruhan sikap. Kami berubah ke pertahanan dua bek pada dasarnya, tahu bahwa kami wajib mencetak dua gol dengan cepat dan memaksimalkan keunggulan pemain.”

Meski menang telak, mantan pelatih Chelsea, Manchester United, Porto, dan Real Madrid itu mengakui masih ada kekurangan yang diperlihatkan timnya, terutama di babak pertama.

“Roma tak bermain baik di babak pertama, tapi laga ini benar-benar bukan sebuah referensi untuk taktik karena kami melawan 10 orang selama 75 menit. Kami perlu memperbaiki kemampuan membangun serangan dari belakang.”

Pelatih asal Portugal itu berharap timnya bisa cepat mengalirkan bola dan para pemain depan bisa lebih maksimal dalam memanfaatkan setiap peluang.

“Lagi-lagi kami mengalami kesulitan dalam hal itu dan saya mencoba membuatnya tak terlihat, tapi kami perlu menggulirkan bola lebih cepat dan para pemain bertalenta super yang kami punya di lini depan ini harus lebih gigih dalam menuntaskan peluang,” pungkasnya.

Susunan pemain AS Roma versus HJK Helsinski:

AS Roma (4-2-3-1): Rui Patricio; Rick Karsdorp, Gianluca Mancini, Ibanez (46′ Chris Smalling), Matias Vina (46′ Paulo Dybala); Bryan Cristante (64′ Mady Camara), Nemanja Matic; Nicolo Zaniolo (76′ Tammy Abraham), Lorenzo Pellegrini (69′ Edoardo Bove), Leonardo Spinazzola; Andrea Belotti.

HJK Helsinki (3-4-3): Conor Hazard; Jukka Raitala, Miro Tenho, Arttu Hoskonen (46′ Arajuuri); David Browne, Santeri Vaananen, Lucas Lingman (69′ Boujellab), Perparim Hetemaj (46′ Halme); Santeri Hostikka (23′ Peltola), Malik Abubakari, Pyry Soiri (66′ Olusanya).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *