Arsenal Tekuk Newcastle 2-0

Arsenal meraih kemenangan di pekan ke-14 Liga Primer Inggris. Menjamu Newcastle United di Stadion Emirates pada Sabtu, 27 November 2021 malam WIB, The Gunners menang dua gol tanpa balas.

Sepasang gol tuan rumah dicetak oleh Bukayo Saka dan Gabriel Martinelli. Kedua gol itu tercipta di babak kedua.

Kemenangan ini memberi skuat Gudang Peluru tiga angka. Arsenal kini mengemas total 23 poin dan menempati posisi kelima. Sementara itu, Newcastle masih terdampar di dasar klasemen dengan tabungan total enam angka.

Gol pertama Arsenal tercipta di menit ke-56. Berawal dari kerja sama apik Saka, Smith Rowe, dan Tavares, bola kemudian dikirim ke sudut sempit oleh Saka tanpa bisa digagalkan kiper Newcaslte United, Dubrakva.

Sementara itu gol kedua tidak lepas dari kehadiran Martinelli yang belum lama masuk menggantikan Saka. Martinelli berhasil mencatatkan namanya di papan skor usai menuntaskan umpan Tomiyasu.

“Saya senang atas poinnya setelah kalah akhir pekan lalu. Anda harus seketika menang. Secara keseluruhan, saya senang,” beber Mikel Arteta.

Pelatih Arsenal itu mengatakan kunci kemenangan timnya adalah kesabaran. Hal ini terbukti dengan sepasang gol di babak kedua.

“Kalimatnya adalah kami harus bersabar. Kami harus bermain dengan urgensi dan ritme. Itulah yang kami lakukan pada babak kedua. Kami mendapat ruang dan begitulah cara kami mencetak gol.”

Kemenangan ini tidak lepas dari perubahan yang dilakukan Arteta. Salah satunya memasukan Martin Odegaard sejak menit awal untuk mengisi tempat Alexandre Lacazette.

“Anda harus mempercayai mereka dan mempercayai mereka setelah momen-momen sulit. Saya kira mereka membutuhkan kesempatan kedua dan mereka melakukannya hari ini.”

Kemenangan ini tentu menjadi modal penting untuk menghadapi laga-laga selanjutnya. Arsenal sudah ditunggu laga berat menghadapi Manchester United pada tengah pekan ini.

Arteta belum bisa memastikan kondisi Saka. Pemain tersebut pun diragukan tampil di pertandingan tersebut.

“Dia tidak nyaman untuk melanjutkan. Kami mungkin harus memindainya esok dan mencermati apakah ada cedera di sana,” ungkap Arteta terkait kondisi pemain depan tersebut.

Susunan Pemain Arsenal versus Newcastle United:

Arsenal (4-2-3-1): Aaron Ramsdale; Takehiro Tomiyasu, Ben White, Gabriel Magalhaes, Nuno Tavares; Thomas Partey (85′ Elneny), Albert Sambi Lokonga; Bukayo Saka (63′ Martinelli), Martin Odegaard, Emile Smith Rowe; Pierre-Emerick Aubameyang (76′ Lacazette).

Manajer: Mikel Arteta

Newcastle (3-4-3): Martin Dubrakva; Emil Krafth, Fabian Schar, Jamaal Lascelles; Ryan Fraser, Joe Willock, Jonjo Shelvey (89′ Hayden), Matt Ritchie (67′ Almiron); Joelinton (67′ Murphy), Callum Wilson, Allan Saint-Maximin.

Manajer: Eddie Howe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *