Anthony Ginting Raih Perunggu Olimpiade Tokyo

Usai meraih medali emas lewat pasangan ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu, tim bulutangkis kembali menyumbang medali bagi Indonesia hari ini.

Dialah pebulutangkis tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting yang berhasil menyabet medali perunggu usai mengalahkan Kevin Cordon asal Guatemala.

Berlaga di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Senin (2/8) malam, Ginting menang straight game 21-11, 21-13.

Ginting yang menjalani debut di Olimpiade merasa bahagia bisa mendapat medali.

“Pertama-tama, saya bersyukur kepada Tuhan atas pencapaian ini. Ini Olimpiade pertama saya,” kata Ginting seusai pertandingan seperti dilansir dari badmintonindonesia.org.

Lebih lanjut pemain kelahiran Cimahi itu mengaku ia sebenarnya menargetkan medali emas. Namun hasil kerja kerasnya belum bisa memenuhi targetnya itu.

“Ya targetnya sih pengen emas tetapi lawan juga sangat kuat. Saya sudah bekerja keras untuk tetap fokus dan maju ke pertandingan hari ini usai kekalahan kemarin. Saya bahagia dengan penampilan saya dan juga medali perunggunya,” kata Ginting lagi.

Ginting mengaku sudah mengantisipasi permainan Cordon dengan mempelajari permainan lawannya itu.

“Saya menonton pertandingan terakhirnya melawan (Viktor) Axelsen. Saya mempelajari pola bermainnya dan saya berhasil menerapkan strategi yang saya inginkan,” ucap Ginting.

Ginting tak menampik dirinya merasa lelah baik secara fisik maupun mental lantara harus menjalani jadwal padat selama dua minggu. Tidak hanya itu ia harus berjuang keras menjaga fokus baik di dalam maupun di luar arena.

“Saya merasa lelah tentu saja ha ha ha, secara mental dan fisik, karena sudah dua minggu yang sangat berat. Saya sudah berusaha keras untuk menjaga fokus saya baik di dalam maupun di luar lapangan,” tutur pemain kelahiran Cimahi tersebut.

Ginting mempersembahkan medali perunggunya untuk masyarakat Indonesia dan semua pihak yang telah mendukungnya.

Ia juga tidak lupa mengucapkan selamat untuk Greysia/Apriyani yang sudah menyumbang medali emas.

“Medali ini untuk masyarakat Indonesia dan semua yang sudah mendukung saya. Pelatih, keluarga, PBSI, teman-teman di pelatnas,” papar Ginting.

Ginting mengaku kemenangan Greysia/Apri sungguh menginspirasi. Kerja keras yang tidak menkhianati hasil.

“Saya juga mengucapkan selamat kepada Greysia/Apriyani. Semua kerja keras mereka telah terbayar. Saya dapat melihat sepanjang pelatihan mereka, mereka telah bekerja sangat keras tahun ini. Sangat menginspirasi,” pungkasnya.

Dengan hasil ini, kontingen Indonesia telah berhasil mengumpulkan lima medali sepanjang Olimpiade Tokyo 2020 digelar. Tiga medali lain disumbang cabang angkat besi dengan satu perak dan dua perunggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *