Anthony Ginting Lalui Ujian Berat di India Open 2023

Tidak mudah bagi Anthony Sinisuka Ginting untuk melewati hadangan pertama di India Open 2023. Pemain berperingkat tiga BWF itu harus bertarung tiga gim saat menghadapi Lu Guang Zu asal China.

Pemain kelahiran Cimahi, Jawa Barat sempat kehilangan gim pertama sebelum bangkit di dua gim selanjutnya untuk mengunci kemenangan rubber game, 19-21, 21-19, 21-19 di KD Jadhav Indoor Hall, New Delhi.

Ginting mengakui dirinya banyak melakukan kesalahan sendiri terutama di gim pembuka. Hal ini membuatnya harus terlibat persaingan ketat.

“Tadi pertandingannya berjalan begitu ketat. Jarak poinnya juga sangat ketat. Dari awal sampai akhir, kami kejar-kejaran poin terus. Sampai akhir pun, poinnya begitu rapat,” beber Ginting melansir situs resmi PBSI.

Ginting dan Lu terus beradu strategi untuk bisa memenangi pertandingan.

“Terjadi adu strategi di lapangan dan saya berusaha untuk mengurangi kesalahan sendiri saja. Sebab, dalam pertandingan tadi, masing-masing pemain sering dapat poin karena lawan dan saya sering mati sendiri,” sambung Ginting.

Menurut Ginting, pada gim ketiga, dirinya lebih fokus bagaimana bermain lebih menyerang. Dia menoba terus menekan. Cuma, saat unggul 19-15, Ginting malah banyak melakukan kesalahan sendiri. Pukulannya selalu keluar. Selain itu serangannya juga sudah bisa diantisipasi lawan.

“Setelah kedudukan 19-19 di gim ketiga, saya berusaha tetap tenang karena pertandingan belum selesai juga. Kita berdua sebenarnya sama-sama tegang. Meski begitu, saya tetap berinisiatif lebih menyerang dan tekanannya ditingkatkan,” tutur Ginting.

Berbekal kemenangan tersebut, di babak kedua turnamen berhadiah total 900 ribu dolar AS ini, Ginting bertemu Kanthapon Wangcharoen asal Thailand.

“Untuk pertandingan babak kedua besok, saya mau fokus pada diri sendiri. Saya mau revovery dulu, makan yang bagus, dan istirahat cukup agar besok bisa bermain lebih baik lagi,” sebut Ginting.

Sayang, sukses Ginting itu tidak diikuti rekannya Shesar Hiren Rhustavito. Melalui laga tiga gim, pemain rangking 24 dunia itu dikalahkan unggulan kedua asal Malaysia, Lee Zii Jia, 22-20, 19-21, 12-21.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *